Selasa, 14 Oktober 2014

Siapakah Yang Paling Baik Perbuatannya

Tafsir Al Qur'an:

~ Siapakah Yang Paling Baik Perbuatannya ~

Allah subhanahu wata’ala berfirman,

إِنَّا جَعَلْنَا مَا عَلَى الْأَرْضِ زِينَةً لَّهَا لِنَبْلُوَهُمْ أَيُّهُمْ أَحْسَنُ عَمَلًا

Sesungguhnya Kami telah menjadikan apa yang di bumi sebagai perhiasan baginya, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang paling baik perbuatannya. (QS Al-Kahfi: 7)

Tafsir:

Allah ta’ala mengabarkan bahwa Dia menjadikan segala sesuatu di atas muka bumi berupa makanan dan minuman yang lezat, tempat tinggal yang baik, pepohonan, sungai-sungai, lahan-lahan pertanian, buah-buahan, pemandangan yang indah, taman-taman yang asri, suara-suara yang merdu, emas, perak, kuda perang, unta, dll. Semua itu Allah ta’ala jadikan sebagai perhiasan, ujian, dan cobaan di kehidupan dunia ini, agar Kami menguji mereka siapakah diantara mereka yang paling baik perbuatannya (maksudnya: yang paling ikhlas dan paling benar perbuatannya). Walaupun demikian Allah menjadikan semua ini fana dan akan sirna.

Allah subhanahu wata’ala tidak berfirman, “Siapakah yang paling banyak perbuatannya.” Dari sini kita memahami bahwa penilaian amal (perbuatan) itu bukan pada kuantitasnya (jumlahnya), tetapi pada kualitasnya (paling baik perbuatannya). Sungguh sangat rugi seseorang yang hanya sibuk untuk memperbanyak ibadahnya tanpa peduli dengan keikhlasan dan kesesuaian ibadahnya dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

بَارَكَ اللهُ فِيْكُمْ

Maraji’: Tafsir Ibnu Katsir, Ath-Thabari, Al-Qurthubi, & As-Sa’di

Tidak ada komentar:

Posting Komentar